Advertisement

Kemendag Klaim Harga Beras Medium di Pasar Mulai Turun

Newswire
Senin, 04 Maret 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Kemendag Klaim Harga Beras Medium di Pasar Mulai Turun Ilustrasi beras / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga beras medium di pasar induk mulai mengalami penurunan setelah cadangan beras pemerintah digelontorkan.

“Semenjak cadangan beras pemerintah digelontorkan, memang sudah mengalami penurunan [harga],” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim dalam acara bertajuk Persiapan Ramadan, Kondisi Harga Bahan Pokok di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Advertisement

Akan tetapi, kata dia, penurunan harga tersebut belum mencapai pasar-pasar tradisional karena memerlukan waktu. Sampai dengan Minggu (3/3/2024), kata Karim, memang belum terdapat penurunan harga di tingkat penjual eceran.

“Hanya saja, kenaikannya dibandingkan dengan kenaikan yang sebelumnya itu sudah mulai turun,” kata Karim.

Berbeda dengan beras medium, Karim mengatakan bahwa beras premium belum mengalami penurunan harga karena terdapat keterlambatan pasokan.

Karim menjelaskan bahwa beras premium rata-rata berasal dari beras lokal. Sehingga, kata dia, pasokannya dipengaruhi oleh pergeseran musim panen. “Memang beras premium ini pasokannya yang terlambat,” ujar dia.

BACA JUGA: Harga Beras Medium di Kota Jogja Tembus Rp16.000 per Kg

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengatakan bahwa sebanyak 352.000 ton beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) telah disalurkan sepanjang Januari hingga akhir Februari 2024.

Beras program SPHP merupakan beras yang berasal dari cadangan beras pemerintah (CBP) yang disalurkan ke masyarakat lewat skema subsidi dengan harga penjualan sesuai HET yang ditetapkan yakni Rp10.900 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Rabu 24 April 2024, Cek Lokasinya!

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement