Advertisement

Gelar Apel Siaga Kelistrikan, GM PLN UID Jateng DIY Pantau Langsung Kesiapan Keandalan Listrik Lebaran 2024

Media Digital
Senin, 08 April 2024 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Gelar Apel Siaga Kelistrikan, GM PLN UID Jateng DIY Pantau Langsung Kesiapan Keandalan Listrik Lebaran 2024 Apel Siaga Kelistrikan PLN digelar serentak nasional secara virtual dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Sabtu (6/4 - 2024).

Advertisement

SRAGEN—Apel Siaga Kelistrikan PLN digelar serentak nasional secara virtual dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Sabtu (6/4/2024).

Dalam agenda tersebut, Darmawan menyampaikan, PLN tengah bersiaga penuh terhadap sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung untuk menghadirkan momen lebaran dengan layanan listrik yang tetap terjaga keandalannya.

Advertisement

Hadir secara virtual dalam apel tersebut dari Rest Area 519A Sragen, General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi yang di tengah apel menyatakan kesiapan keandalan PLN untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY kepada Dirut PLN.

Sebelumnya, Soffin memantau secara langsung kesiapan keandalan listrik di wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta menyambut momen Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Tak hanya kunjungan ke sejumlah titik lokasi posko siaga, Soffin juga memeriksa kesiapan petugas siaga, infrastruktur dan kelengkapannya.

"Pada Gelar Apel Siaga Kelistrikan kali ini, telah kita lakukan pemantauan di lapangan secara langsung. Dari sisi keandalan kelistrikan PLN Jateng DIY menyiagakan 4.085 personil yang siaga selama 24 jam memastikan keandalan pasokan listrik ke rumah pelanggan," kata Soffin.

Soffin menambahkan, selain kesiapan petugas, PLN juga melakukan mitigasi beberapa potensi resiko termasuk cuaca ekstrem yang diprediksi masih akan berlangsung di wilayah Jawa Tengah bagian utara.

BACA JUGA: Salat Idulfitri di Bantul, Berikut Ini Tempat-Tempat Pelaksanaannya

"Hingga saat ini pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY dalam kondisi aman dengan cadangan daya 2.622 MW atau 33%. Beberapa skenario juga telah disiapkan jika terjadi cuaca ekstrem, termasuk mitigasi bencana dengan penyediaan perahu karet, mesin perahu motor, jaket pelampung, dayung, hingga pompa penyedot," kata Soffin.

Lebih lanjut, pelaksanaan Apel Siaga Kelistrikan yang digelar di Rest Area menjadi bukti keseriusan PLN dalam menjaga keandalan listrik dan mengawal ekosistem kendaraan listrik dengan penempatan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hampir di semua titik Rest Area Tol Trans Jawa - Jawa Tengah. Total 98 electric vehicle (EV) Charger PLN tersebar baik di wilayah Jateng dan DIY baik di dalam tol ataupun jalan non-tol.

Menyikapi kompleksnya kebutuhan interaksi masyarakat dengan PLN, Soffin mengimbau untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile jika ada kebutuhan atau kendala kelistrikan yang dialami.

"Cukup dengan mengunduh PLN Mobile di handphone pelanggan dapat menemukan informasi kelistrikan PLN, mengajukan laporan atau layanan apa pun, kapan pun, dimana pun dengan cepat dan praktis," kata Soffin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement