Advertisement

PJ Gubernur Jateng Tinjau SPKLU dan Ekosistem Kendaraan Listrik, Pastikan Kenyamanan Mudik Pengguna EV

Media Digital
Senin, 08 April 2024 - 12:57 WIB
Maya Herawati
PJ Gubernur Jateng Tinjau SPKLU dan Ekosistem Kendaraan Listrik, Pastikan Kenyamanan Mudik Pengguna EV PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana lakukan peninjauan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) dalam menghadapi gelombang arus mudik dan arus balik Lebaran ini.

Advertisement

SALATIGA—PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana lakukan peninjauan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) dalam menghadapi gelombang arus mudik dan arus balik Lebaran ini.

Pada kesempatan tersebut, Nana mengunjungi SPKLU yang berlokasi di Rest Area 444 B didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Jateng Sujarwanto Dwiatmoko, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & DIY Dian Herizal serta Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Salatiga Nurhidayanto Nugroho.

Advertisement

Nana menyampaikan pengemudi kendaraan listrik yang melewati wilayah Jawa Tengah tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

"Dari tol Brebes sampai dengan Sragen terdapat 21 Rest Area yang semuanya sudah terpasang 45 unit SPKLU. Selain jumlah tersebut, PLN juga sudah menyiapkan 2 unit SPKLU Mobile yang dapat mendatangi kendaraan listrik yang kehabisan daya sebelum mencapai titik Rest Area, pengemudi tinggal menghubungi rekan-rekan PLN yang sudah bersiaga di Rest Area," jelas Nana.

BACA JUGA: Pedagang Kaliurang Ketahuan Nuthuk, Dinas Pariwisata Sleman Ancam Cabut Izin Usaha

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi yang ditemui dalam kesempatan berbeda saat mendampingi peninjauan kesiapan SPKLU bersama Kemenko Maritim & Investasi (Marvest) di Rest Area 519 A Sragen menyampaikan PLN telah menambah 40 SPKLU baru di Jateng dan DIY dengan total 98 unit baik berlokasi di rest area tol maupun non-tol.

"Para pengguna kendaraan listrik tidak perlu ragu untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai sarana mobilitas mudik. Seluruh SPKLU berfungsi dengan baik, mudah mudahan mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Firdausi Manti selaku Asisten Deputi Maritim dan Transportasi Kemenko Marvest menyatakan bahwa kehadiran infrastruktur pengisian daya mobil listrik antarkota menjawab kekhawatiran masyarakat terkait jarak tempuh yang lumayan jauh.

"Masyarakat tentunya membutuhkan infrastruktur pengisian daya listrik, terutama kalau ke luar kota mereka selalu mempertanyakan masalah infrastuktur SPKLU itu sendiri. Untuk itu kemarin PLN juga sudah menambah sekitar 140-an lebih SPKLU yang ada di Lintas Sumatra sampai Lintas Jawa. Mudah-mudahan masyarakat bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman," kata Firdaus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement