Advertisement

Kunjungan Mal Saat Lebaran Naik Dua Kali Lipat dari Hari Biasa, Tertinggi di H-1 Idulfitri

Anisatul Umah
Minggu, 14 April 2024 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Kunjungan Mal Saat Lebaran Naik Dua Kali Lipat dari Hari Biasa, Tertinggi di H-1 Idulfitri Ilustrasi mall. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY menyebut kunjungan ke mal saat libur Lebaran tahun ini meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Ketua APBI DIY, Surya Ananta mengatakan dibandingkan tahun lalu mengalami peningkatan sekitar 10%-20% pada periode H-7 Lebaran hingga Sabtu (13/4/2024). "Dibandingkan kunjungan harian memang sudah secara hitungan hampir dua lipat dibandingkan kunjungan biasa," ucapnya, Minggu (14/4/2024).

Advertisement

Menurutnya, peningkatan ini normal terjadi dan tidak ada tren yang berubah dari tahun sebelumnya. Kunjungan di libur lebaran ini dia sebut terbilang bagus, sebab Indonesia baru saja melewati Pemilu.

Surya menyebut situasi politik yang sudah kembali ke kondisi normal saja sudah bagus. Sebab jika belum kemungkinan bisa turun. "Ternyata tidak terjadi, jadi aman bagus. Kalau tahun depan naik mestinya lebih tinggi," jelasnya.

Dia mengatakan kunjungan paling tinggi terjadi di H-1 Idulfitri. Sementara saat hari H masih tinggi, tetapi memang tidak setinggi H-1. Diperkirakan awal pekan depan sudah mulai kembali normal.

Tren kunjungan ke mal saat Lebaran didominasi oleh kunjungan keluarga dan rombongan.

BACA JUGA: Mall di DIY Berkomitmen Sediakan Charging Station untuk Kendaraan Listrik

Adapun dari sisi asal pengunjung, diakui Surya, lebih banyak pengunjung yang berasal yang dari luar daerah, khususnya Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Hal ini bisa dilihat dari plat nomor kendaraan yang terparkir di mal. "Antara Senin atau Selasa kemungkinan akan landai dan normal kembali," ujar Surya.

Lebih lanjut dia mengatakan jelang lebaran masyarakat banyak berbelanja kebutuhan fesyen, parcel, dan lainnya. Juga semua restoran penuh dibooking untuk berbuka puasa. "Trennya sekarang untuk belanja fesyen sudah mulai landai, normal gitu. Yang pokok sekarang adalah arena bermain dan restoran yang paling diminati," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement