Advertisement

Promosi hingga Krisis SDM Jadi Masalah yang Akan Dirampungkan Sekber Pariwisata

Anisatul Umah
Kamis, 25 Juli 2024 - 15:27 WIB
Ujang Hasanudin
Promosi hingga Krisis SDM Jadi Masalah yang Akan Dirampungkan Sekber Pariwisata Suasana Jalan Malioboro saat long weekeng dipadati oleh wisatawan domestik dan mancanegara, Kamis (29/6 - 2023). Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Daerah DIY (Pemda DIY) berencana membentuk sekretariat bersama (Sekber) pariwisata. Nantinya Sekber bertugas merespon tantangan, peluang, dan memaksimalkan potensi pariwisata yang belum digarap.

DPD Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY menyebut ada beberapa masalah yang harus dirampungkan di sektor ini.  
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Asita DIY, Edwin Ismedi Himna menyebut masalah yang paling mengemuka adalah terkait dengan promosi.  

Advertisement

Menurutnya saat ini promosi wisata belum terkoordinir, masih dilakukan sendiri-sendiri oleh kabupaten dan kota. Ini akan menjadi salah satu poin prioritas yang akan dibahas oleh Sekber.

"Kemudian tentunya pengembangan destinasi di masing-masing kabupaten dan kota, dampaknya terhadap masyarakat, dan SDM pariwisata," ucapnya, Kamis (25/7/2024).

Ia menjelaskan warga DIY yang kuliah di kampus-kampus pariwisata jauh lebih sedikit dibandingkan mahasiswa dari luar daerah. Ini menjadi keprihatinan dan bisa menjadi ancaman 5-10 tahun ke depan. "Krisis SDM pariwisata kurang lebih," jelasnya.

Dia menjelaskan pembentukan Sekber ini sangat penting, Gubernur DIY sendiri yang memintanya setelah dilakukan pemetaan masalah-masalah di sektor ini. Baik di tingkat kabupaten, kota, dan wilayah yang lebih kecil lagi.

BACA JUGA: Sultan Dukung Pembentukan Sekber Pariwisata DIY

Nantinya Sekber ini akan diisi oleh para pelaku industri dan akademisi. Kemudian akan disampaikan ke Gubernur DIY dan akan dicarikan solusinya. Edwin mengatakan dengan adanya Sekber ini masalah di industri pariwisata akan lebih terkoordinasi.

'"Industri pariwisata ini kan banyak sekali permasalahannya," lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Gubernur DIY berharap Sekber ini bisa dibentuk secepatnya, rencana satu bulan dari pertemuan terakhir saat rapat koordinasi Selasa, (23/7/2024). "Akan dibentuk secepatnya dalam satu bulanan ini."

Sebelumnya, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut pembangunan pariwisata DIY saat ini masih terkendala ego sektoral. Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengajak agar empat kabupaten dan satu kota di DIY bekerjasama dalam memajukan pariwisata.

"Mari orkestrasi bersama, gak ada lagi saya Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulonprogo," ucapnya.

Dia mengatakan industri tidak bisa berjalan sendiri, sehingga GIPI DIY mencoba menggerakkan dengan pentahelix meskipun tidak mudah. Diharapkan pentahelix ini akan berubah jadi Sekber agar ada percepatan dan tanggung jawab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement