Advertisement

Penerbangan Langsung Bangkok-YIA Segera Dibuka, GIPI DIY: Jadi Langkah Awal Mendongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Anisatul Umah
Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:37 WIB
Ujang Hasanudin
Penerbangan Langsung Bangkok-YIA Segera Dibuka, GIPI DIY: Jadi Langkah Awal Mendongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara Wisatawan Mancanegara / Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut rencana pembukaan penerbangan charter Bangkok-Yogyakarta International Airport (YIA) pada Oktober 2024 mendatang menjadi langkah awal. Sebab sampai saat ini belum ada penerbangan langsungnya.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan pembukaan charter langsung ini bisa mendongkrak kunjungan ke Candi Borobudur. Khususnya untuk buddhist pilgrim, dan tidak menutup kemungkinan akan membawa market-market lainnya.

Advertisement

Dia mengatakan untuk memperbesar pasar, mau tidak mau harus dilakukan investasi. Berbagai upaya harus dilakukan di awal, menjadi satu semangat yang harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk industri penerbangan.

"Effort pasti akan dilakukan di awal tidak ada orang buka satu jalur di dalam market tertentu langsung profit, saya pikir gak ada," ucapnya, Kamis (15/8/2024).

Meski rencananya ketersediaan penerbangan baru sepekan sekali Bobby menyebut tidak masalah, yang penting sudah mulai ada akses. Ia berpandangan Thailand tidak hanya sebuah destinasi, namun bagian dari hub.

Wisatawan yang berhenti di Thailand bisa melanjutkan perjalanan ke negara lain. Sehingga market selain Thailand juga bisa berkunjung ke Indonesia lewat YIA.

"Tidak hanya berasal dari warga Thailand sendiri tapi banyak warga negara lain yang mereka sudah sampai Thailand dan meneruskan ke Indonesia," jelasnya.

BACA JUGA: Mulai Oktober 2024 Ada Penerbangan Charter Langsung Bangkok-YIA

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Asita DIY, Edwin Ismedi Himna mengatakan industri terbuka dengan rencana ini. Nantinya akan coba dikomunikasikan apakah kemudian keluar tetap lewat YIA atau Bali dan Jakarta. Dia berharap setidaknya penerbangan dua kali dalam sepekan, sehingga tidak terlalu lama jedanya.

"[Singapura dan Malaysia] setiap hari, dua kali sehari," kata Edwin.

Sebelumnya, Badan Otorita Borobudur (BOB) menyebut pada Oktober 2024 mendatang akan tersedia penerbangan charter Bangkok-YIA. Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin mengatakan penerbangan langsung Bangkok-YIA terus didorong oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar segera terealisasi.  

Dia menyebut saat ini sudah ada pertemuan intensif antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok dengan Tourism Authority of Thailand (TAT). Sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara Deputi Pemasaran Kemenparekraf dengan Direktur TAT.

Menurutnya saat ini sedang dikaji terkait dengan kemungkinan penerbangan charter langsung dari Bangkok ke DIY oleh maskapai Air Asia. TAT telah berkoordinasi erat dengan Air Asia dan 10 travel agent di Bangkok yang menjual paket wisata ke DIY.

"Rencana peluncuran penerbangan charter tersebut diharapkan dapat dimulai pada bulan Oktober 2024," ucapnya. (Anisatul Umah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Selasa 17 September 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Selasa, 17 September 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement