Advertisement

Indonesia Berencana Tukar Manggis dengan Daging Sapi Brasil

Juli Etha Ramaida Manalu
Senin, 20 Mei 2019 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Indonesia Berencana Tukar Manggis dengan Daging Sapi Brasil Ilustrasi - Bisnis Deliana Pradhita Sari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelar rapat dengan Menteri Pertanian Brazil Tereza Cristina di Jakarta, Senin (20/5/2019). Hasilnya, Indonesia membuka peluang impor daging sapi dari Brasil dengan catatan negeri samba tersebut juga mau membuka keran impor bagi sejumlah komoditas pertanian dari Indonesia .

Andi Amran Sulaiman menyebutkan Brasil menawarkan daging sapi dengan harga yang kompetitif dan menguntungkan bagi Indonesia. Kendati demikian, dia tidak menyebutkan secara spesifik besaran harga yang dimaksud.

Advertisement

"Di satu sisi kita membuka peluang untuk daging karena menurut mereka harganya bisa berkompetisi dengan negara lain. Harga murah dan itu sangat menguntungkan untuk Indonesia sambil kita mengejar swasembada protein," kata Amran usai rapat.

Adapun sejumlah komoditas yang berpotensi untuk diekspor ke Brasil antara lain manggis, salak, sarang burung walet, nenas, dan lain-lain.

Menurut Amran, Brasil terbuka dengan berbagai potensi ekspor hasil pertanian dan tidak ada batasan jumlah komoditas sejauh ini.

Selain kerja sama ekspor-impor, Brasil juga diajak untuk masuk berinvestasi di sektor peternakan sapi, juga alat dan mesin pertanian.

Investasi ini diharap bisa meningkatkan indeks pertanaman dan pada akhirnha menekan biaya produksi. Di samping itu, Brasil juga diharapkan bisa berkerja sama untuk berbagi pengalaman dan transfer teknologi di bidang industri gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement