Gojek Bakal Tutup Layanan Golife

Gojek Bakal Tutup Layanan GolifeAplikasi Gofood. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
24 Juni 2020 15:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gojek bakal menghentikan layanan Golife yang di dalamnya meliputi layanan Gomassage dan Goclean. Tak hanya itu, Gofood Festival yang merupakan jaringan pujasera Gofood di sejumlah lokasi pun ditutup.

Keputusan itu diambil berdasarkan evaluasi atas situasi makro ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih waspada terhadap aktivitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak. Golife dan Gofood Festival membutuhkan interaksi jarak dekat, dan mengalami penurunan permintaan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pandemi Covid-19. “Layanan Golife masih dapat digunakan hingga Senin [27/7/2020],” kata Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, melalui siaran pers, Selasa (23/6/2020) malam.

Menyusul hal tersebut, sebanyak 430 karyawan atau 9% dari total karyawan yang sebagian besar berasal dari divisi yang terkait dengan Golife dan Gofood Festival, akan meninggalkan Gojek sebagai bagian dari evaluasi terhadap struktur perusahaan secara keseluruhan. “Ini merupakan satu-satunya keputusan pengurangan karyawan yang kami lakukan di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

Andre Soelistyo yang juga merupakan Co-CEO Gojek mengatakan bagi karyawan yang harus diberhentikan, diberikan dukungan semaksimal mungkin, dan Gojek menetapkan sejumlah paket. mulai dari pesangon, pembayaran gaji selama periode pemberitahuan, equity arrangement, pembayaran cuti tahunan dan hak lainnya, perpanjangan asuransi kesehatan, pemberian perlengkapan laptop, perpanjangan program bantuan karyawan, hingga program outplacement.

“Karena mencari pekerjaan baru tidak pernah mudah, sehingga kami memberikan program outplacement yang akan membantu setiap orang untuk mencari pekerjaan,” ucap Andre.

Penutupan layanan Golife, kata dia, juga berdampak pada mitra Golife karena pandemi Covid-19. Untuk itu Gojek akan memberikan dukungan berupa Program Solidaritas Mitra Covid-19 kepada mitra yang aktif menggunakan platform sebelum adanya pembatasan akibat Covid-19. Hal ini berupa program peningkatan keterampilan melalui pelatihan daring yang dapat menjadi bekal jangka panjang untuk memperoleh penghasilan tambahan. “Selain itu, Gojek juga akan memberikan program bantuan dana tunai untuk mitra aktif yang memenuhi kriteria.”