Advertisement

Peserta LAMNCI Wajib Aransemen Lagu Kolam Susu

Sugeng Pranyoto
Senin, 14 September 2020 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peserta LAMNCI Wajib Aransemen Lagu Kolam Susu Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti), bersama Komunitas Seniman Nusantara, didukung oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI menyelenggarakan Lomba Aransemen Musik Nusantara Cinta Indonesia (LAMNCI) 2020. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -  Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti), bersama Komunitas Seniman Nusantara, didukung oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI menyelenggarakan Lomba Aransemen Musik Nusantara Cinta Indonesia (LAMNCI) 2020.

Dalam Lomba ini, peserta diwajibkan untuk mengaransir lagu Kolam Susu ciptaan Yok Koeswoyo Koes-Plus menjadi garapan musik Nusantara atau daerah bernuansa baru dengan durasi tiga sampai lima menit.

Advertisement

Ketua Yayasan Atsanti, Nilo Wardhani, menjelaskan karya tersebut harus merupakan aransemen campuran yang mencakup dua unsur yaitu instrumen dan vokal putra, putri maupun campuran serta memuat unsur musik daerah minimal 70% dari keseluruhan karya musik.

“Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air kaum milenial lewat seni musik tradisional dan membuat musik tradisional sebagai tren baru dalam jagad musik Indonesia,” kata Nilo Wardhani dalam rilis yang dikirimkan ke Harianjogja.com, Senin (14/9/2020).

Nilo Wardhani menambahkan semua pihak berkepentingan membuat musik tradisional dapat diterima oleh generasi milenial tanpa merusak nilai luhur dan keaslian musik Nusantara. “Dengan demikian pamor dan semangat berkreasi para pelaku seni musik tradisional khususnya pada saat pandemi bisa dipulihkan kembali,” ujarnya.

Ketua Panitia LAMNCI, Sari Koeswoyo menambahkan Indonesia adalah kepingan surga yang berada di Khatulistiwa. Kekayaan khasanah musik tradisional Nusantara sudah sangat dikenal. “Saya mengajak semua yang memiliki talenta seni khususnya musik daerah atau tradisional untuk mengikuti lomba ini,” kata perempuan yang dikenal sebagai mantan penyanyi cilik tahun 70-an ini.

Peserta wajib mengirimkan rekaman video karya aransemen musik nusantara/daerah melalui link https://www.lamnci.id/ paling lambat tanggal 30 September. Aspek penilaian dalam lomba kali ini akan mencakup orisinalitas, harmonisasi, dinamika, penyajian, kreativitas, inovasi, penguasaan instrumen/skill, serta proporsi unsur Nusantara dalam karya yang disampaikan.

Juri akan menetapkan 10 (sepuluh) karya terbaik serta satu karya favorit berdasarkan penilaian netizen Indonesia. Peserta yang terpilih masuk dalam karya terbaik berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp20 juta, sedangkan bagi peserta favorit akan memperoleh tambahan Rp10 juta.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement