Advertisement

Bank Indonesia Optimistis Perekonomian Domestik Membaik

Maria Elena
Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Bank Indonesia Optimistis Perekonomian Domestik Membaik Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Bank Indonesia (BI) optimistis ekonomi Indonesia secara perlahan membaik, yang didukung oleh perbaikan ekspor dan stimulus fiskal.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyampaikan beberapa perkembangan terkini mengindikasikan pemulihan permintaan domestik, setelah mengalami kontraksi pertumbuhan pada kuartal II/2020.

Advertisement

"Pemulihan tersebut didukung terutama oleh belanja pemerintah yang meningkat didorong stimulus fiskal terkait perlindungan sosial dan dukungan UMKM," katanya dalam siaran pers, Kamis (15/10/2020).

Adapun hingga September 2020, realisasi stimulus fiskal telah mencapai Rp318,48 trilliun atau 45,81 persen dari pagu anggaran belanja Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono jg menyampaikan bank sentral meyakini penyerapan anggaran dan belajar negara akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami akan review tiap bulan, transaksi pemerintah akan tinggi, jadi kami siap support,” katanya, Rabu (14/10/2020).

Dari sisi global, BI menyebut perbaikan ekonomi terus berlanjut, yang dipengaruhi oleh besarnya stimulus fiskal di beberapa negara maju, terutama AS dan China. Pemulihan ekonomi tercermin dari peningkatan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur dan Jasa di beberapa negara, serta keyakinan konsumen di AS dan kawasan Eropa.

Meski demikian, ketidakpastian pasar keuangan global masih tetap tinggi, dipicu isu geopolitik. Hal ini berdampak pada terbatasnya aliran modal ke negara berkembang dan menahan penguatan mata uang berbagai negara, termasuk Indonesia.

BI menyatakan akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait ke depannya. Koordinasi kebijakan dengan pemerintah, OJK, dan LPS untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan serta mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan bagi pemulihan ekonomi nasional.

"Selain itu, BI juga akan terus mempercepat digitalisasi pembayaran dan perluasan ekosistem digital melalui kolaborasi dengan Pemerintah, bank, fintech, dan e-commerce untuk pemulihan ekonomi nasional," kata Onny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Empat Tahun Ditiadakan karena Covid-19, Open House Lebaran Sultan HB X Hari Ini Dihadiri Ribuan Orang

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement