Ini Cara Jitu Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Ini Cara Jitu Bangkit dari Kegagalan BisnisTips bisnis strategi - istimewa
22 November 2021 03:27 WIB Mia Chitra Dinisari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Untuk pemilik usaha kecil, kegagalan bukanlah pilihan, itu kenyataan. Pun bagi pebisnis besar.

Umumnya, pebisnis pernah gagal dalam membangun bisnisnya sebelum sukses. Karena itulah ada istilah sukses adalah kegagalan yang tertunda.

Manny Henson, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri serta presiden Gamma Wealth Management yang berbasis di Maryland mengatakan, ada cara agar Anda segera bangkit dari kegagalan bisnis Anda.

Berikut daftarnya seperti dilansir dari economictimes :

1. PEDULI DIRI SENDIRI

Setelah Anda menutup bisnis, luangkan waktu untuk merawat diri sendiri.

Kegagalan bisnis dapat terasa seperti kematian seorang teman, kata Penny Pompei, yang melatih pemilik usaha kecil di area Palm Beach, Florida, dan merupakan mentor SCORE bersertifikat. Tidak apa-apa untuk berduka atas kehilangan.

Sebelum Anda menyelidiki apa yang terjadi, "Berhenti dan bernapaslah," kata Pompei. "Anda hanya harus bisa mendekompresi dan memberi diri Anda izin dan waktu untuk berkabung."

2. TEMUKAN APA YANG SALAH

Setelah Anda siap untuk melihat kembali bisnis Anda, kumpulkan pemangku kepentingan tepercaya  seperti pelanggan, mitra, karyawan kunci, investor, atau penyandang dana untuk mengetahui penyebab kegagalan.

Untuk memulai, tanyakan: "Apa risiko yang kita lewatkan?"

Sebagai investor atau saat mempresentasikan rencana bisnis, fokuslah pada mitigasi risiko yang dihadapi bisnis di lima bidang:
* Memastikan Anda memiliki produk yang benar-benar diinginkan pelanggan.

* Menciptakan produk berkualitas tinggi.

* Memiliki anggota tim yang tepat yang dapat mengeksekusi dengan baik.

* Merancang model bisnis yang tepat dan mengamankan pembiayaan yang memadai.

* Mengatasi rintangan hukum atau peraturan.

3. LAKUKAN HAL-HAL BERBEDA BERIKUTNYA

Pompei mengatakan banyak pengusaha yang mengalami kegagalan bisnis akan mencoba lagi. Sebelum Anda meluncurkan usaha baru, katanya, pastikan rencana bisnis Anda mencakup rencana keluar yang menentukan apa yang akan memicu penutupan atau penjualan bisnis sehingga Anda melindungi keuangan pribadi Anda..

"Ini bisa terkait waktu, bisa terkait uang, bisa juga terkait usia,'' kata Pompei. "Itu hanya bagian penting dari teka-teki.''

Pastikan Anda dan keluarga siap secara emosional, fisik, dan finansial untuk mencoba berwirausaha lagi, kata Coopersmith. Jika ya, ia merekomendasikan untuk menemukan sekelompok teman sebaya yang dapat berbagi tantangan, sumber daya, dan saran di sepanjang jalan.

Pikirkan secara kritis tentang tim terakhir Anda dan tanyakan kembali orang-orang yang ingin Anda ajak bekerja sama lagi..

Akhirnya, jangan takut gagal -itu adalah bagian dari setiap bisnis dalam beberapa hal, bahkan bisnis yang tidak bangkrut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia