Advertisement

Bedug Ramadhan, Cara RAY Bangkitkan UMKM

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 15 April 2022 - 19:00 WIB
Arief Junianto
Bedug Ramadhan, Cara RAY Bangkitkan UMKM Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X (kedua kiri), dan General Manager RAY, Herman Courbois (ketiga kiri), membuka acara Bedug Ramadhan, Jumat (15/4 - 2022).Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Melalui Bedug Ramadhan, Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY) mendukung penuh pergerakan ekonomi masyarakat, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bedug Ramadhan yang digelar mulai Jumat (15/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022), sejak pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB tersebut menghadirkan puluhan UMKM dan berbagai lokakarya seni budaya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X mengucapkan terima kasih kepada Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang telah mendukung menggerakan ekonomi masyarakat berbasis keluarga.

"Salah satu isu strategis PKK ke depan adalah pemberdayaan bidang ekonomi. Saat ini diwujudkan dengan kegiatan bazar UMKM," ucap GKBRAA Paku Alam X, Jumat.

BACA JUGA: Gelar Bedug Ramadhan, RAY Libatkan Puluhan UMKM

Dia mengatakan UMKM yang mengikuti kegiatan ini sudah melalui kurasi ketat. "Ada juga UMKM dari disabilitas, kemudian UMKM yang baru merintis, tidak hanya UMKM yang sudah lama, tetapi memfasilitasi yang baru merintis," ujarnya.

General Manager RAY, Herman Courbois mengatakan dua tahun lebih pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga perekonomian, termasuk kalangan UMKM. Itulah sebabnya, melalui Bedug Ramadhan diharapkan dapat memacu kreativitas bersama.

"Insyaallah ramai dengan kegiatan ini. Ada berbagai kerajinan, kuliner, dan berbagai kegiatan seperti tarian. Setiap hari ada aktivitas. Semoga bisa menjadi acara tahunan," ucap Herman.

Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat, Mafilindati Nuraini yang mewakili Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo turut mengapresiasi kegiatan ini.

BACA JUGA: PHRI Minta Perpanjangan Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Menurutnya dengan kegiatan ini turut mendukung pemasaran produk UMKM. "Melalui pameran ini pelaku UMKM bisa memasarkan tidak hanya di pasar tradisional atau toko modern, tetapi melatih juga UMKM menangkap segmen di hotel. Membantu UMKM naik kelas," ujarnya.

Dengan begitu diharapkan UMKM bisa semakin mengenali potensi pasar atau produknya. "Semoga UMKM bisa menjangkau juga pasar digital, dapat dikenal secara luas. Kami juga selalu membuka kesempatan untuk berkolaborasi," ucapnya.

Di tengah acara Bedhug Ramadhan, nantinya setiap hari diisi dengan kegiatan workshop dan kegiatan seni dan budaya, edukasi dan inovasi UMKM muda seperti workshop anyaman pandan dari Pandan Bantul; Ngapem dan Cerita Apem dari Puro Pakualaman; workshop bertajuk Basic Natural Dye: Melukis Kain dengan Susu Kedelai; serta Yoga Ngabuburit bersama Komunitas Padma Yoga.

Selain itu juga ada lokakarya Merasa dan Meracik Tisane dari Gelora Baik - Sadar; lokakarya Tatah Sungging Wayang oleh Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta; lomba mewarnai wayang; lokakarya dan gelar wicara tari Jawa Klasik, dan kreasi daei Sanggar Seni Kinanti Sekar dan Sanggar Budaya Ambarrukmo; Workshop Rangkaian Bunga dari Sporadies, juga workshop macrame dari Rumah Shiro.

Seluruh kegiatan workshop dapat diikuti setiap pukul 16.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa di Pringgitan Royal Ambarrukmo, dan dapat dilihat di Instagram @royalambarrukmo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Warga Sleman Kini Bisa Buat KK dan Akta di Kalurahan

Sleman
| Selasa, 31 Januari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement