Advertisement

Jangan Sampai Terjebak! OJK Sebut Masih Ada 14 Leasing yang Kurang Modal

Rika Anggraeni
Selasa, 28 Februari 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Jangan Sampai Terjebak! OJK Sebut Masih Ada 14 Leasing yang Kurang Modal Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa masih terdapat 14 perusahaan pembiayaan (multifinance) yang belum memenuhi ketentuan ekuitas (modal) Rp100 miliar per Januari 2023. Sebagian perusahaan leasing kurang modal ini juga sedang dalam pengawasan khusus.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap anggota Dewan Komisioner OJK, Ogi Prastomiyono mengungkapkan bahwa hingga Januari 2023, masih ada perusahaan pembiayaan yang belum mampu memenuhi syarat ekuitas minimum senilai Rp100 miliar.

Advertisement

“Terkait dengan perusahaan multifinance yang belum memenuhi ketentuan ekuitas 100 miliar, berdasarkan laporan bulanan Januari 2023, ada 14 perusahaan pembiayaan yang belum dapat memenuhi ketentuan terkait dengan ekuitas, di mana tiga di antaranya adalah perusahaan dalam pengawasan khusus,” kata Ogi dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner (RDK) Bulanan Februari 2023, Senin (27/2/2023).

BACA JUGA: Kredit Mobil Makin Mudah, Leasing Langsung Gerak Cepat

Selain itu, Ogi merincikan juga terdapat empat perusahaan multifinance yang dalam pengenaan sanksi administratif. 

Diikuti dengan lima perusahaan pembiayaan dalam proses pengawasan rencana pemenuhan dan dua perusahaan pembiayaan dalam penetapan pelanggaran.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan ketentuan yang diatur OJK pada Peraturan OJK (POJK) No.35/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, tepatnya pada Bab XVIII Pasal 87, disebutkan bahwa perusahaan pembiayaan berbentuk perseroan terbatas wajib mengantongi ekuitas paling sedikit sebesar Rp100 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Proyek ITF Bawuran Bakal Terima Investasi Rp17 Miliar, Sekda Bantul: Bukan Dana Pinjam

Bantul
| Rabu, 24 Juli 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement