Advertisement

Gelar Halal World, BPJPH Kemenag Undang 118 Lembaga Halal 41 Negara

Media Digital
Selasa, 14 November 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Gelar Halal World, BPJPH Kemenag Undang 118 Lembaga Halal 41 Negara Suasana Media Gathering Halal World 2023. - Istimewa

Advertisement

JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar forum Halal World di Jakarta.

Halal World merupakan forum kelanjutan dari Halal-20 atau H-20 yang pada 2022 digelar sebagai bagian dari Presidensi G-20. 

Advertisement

"Halal World sebagai kelanjutan dari forum H-20 akan digelar mulai 17-21 November 2023 di JI-Expo Jakarta. Kami mengundang 118 lembaga halal dari 41 negara untuk hadir,"  kata Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham, di Jakarta, Senin (13/11/2023).

“Bapak Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dijadwalkan akan hadir untuk membuka gelaran Halal World ini,” lanjutnya.

Dalam Halal World, lanjut pria yang akrab disapa Aqil ini, akan diisi dengan enam agenda strategis.

Pertama, International Conference on Global Halal Standard yang menghadirkan para pakar dan Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) atau otoritas halal dari berbagai negara. 

"Kedua, seminar internasional tentang regulasi dan kebijakan sertifikasi halal di Indonesia," sebut Aqil.

"Agenda ketiga adalah pameran produk halal. Ini akan menjadi kesempatan promosi bagi produk halal Indonesia kepada masyarakat internasional," sambungnya.

Keempat, penampilan industri halal. Sementara agenda kelima adalah Halal Tour yang bertujuan memperkenalkan industri halal di Indonesia kepada peserta dari berbagai negara. 

"Agenda keenam yang tak kalah penting adalah Halal Coaching Clinic. Ini merupakan layanan konsultasi bagi LHLN dalam rangka mendapatkan akreditasi dan pengakuan standar halal dari BPJPH," imbuh Aqil. 

Lebih lanjut Aqil mengatakan bahwa Halal World juga bertujuan mengajak lembaga halal dunia akan pentingnya membangun kebersamaan dalam standar halal global.

Selain itu, Halal World juga dimaksudkan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk halal dalam negeri ke pasar dunia.

"Promosi produk halal Indonesia ke pasar global ini harus terus kita lakukan, sejalan dengan percepatan sertifikasi halal yang hasilnya semakin menggembirakan, di mana grafik pertumbuhan jumlah penerbitan sertifikat halal meningkat pesat dalam dua tahun terakhir," ucap Aqil.

BACA JUGA: Pelaku Usaha Harus Utamakan Produk Berkualitas dan Bersertifikat Halal

Halal World 2023 akan menjadi forum strategis untuk mengembangkan kerja sama internasional Jaminan Produk Halal (JPH), khususnya dalam rangka mempercepat proses pengakuan dan akreditasi bagi LHLN.

Oleh karena itu, dalam forum ini juga akan dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) serta Mutual Recognition Agreement (MRA) antara BPJPH dengan sejumlah lembaga.  “Rencananya ini akan disaksikan oleh Bapak Wakil Presiden,” ungkap Aqil. 

"Kami berharap penguatan kerja sama JPH ini akan membawa implikasi positif bagi perdagangan produk halal di pasar global, yang dilaksanakan sesuai regulasi dan atas dasar prinsip saling menguntungkan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Aqil mengingatkan semua pihak untuk tidak menutup mata adanya tren perkembangan pesat industri halal global di berbagai negara. Sebaliknya, tantangan tersebut harus direspon dengan upaya yang serius.

"Ini adalah tantangan kita, bagaimana produk halal UMKM kita bisa lebih bergairah, baik utk memenuhi kebutuhan konsumen domestik maupun untuk ekspor." tegas Aqil.

"Untuk itu apa yang sudah kita lakukan dan akan terus kita lakukan yaitu literasi, edukasi, sosialisasi, publikasi, bahkan fasilitasi anggaran merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah untuk melindungi dan sekaligus memberdayakan pelaku usaha UMKM kita.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement