Advertisement

Harga Gula Makin Melonjak, Bapanas: Percepat Impor!

Dwi Rachmawati
Rabu, 13 Desember 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Harga Gula Makin Melonjak, Bapanas: Percepat Impor! Gula pasir - ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah minta importir segera merealisasikan impor gula agar dapat menyiasati harga gula yang terus melonjak di akhir tahun.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan harga gula rata-rata secara nasional telah tembus di level Rp17.331 per kilogram pada 11 Desember 2023. Lonjakan harga gula pasir di akhir tahun, kata Arief, perlu menjadi perhatian semua pihak. "Kami mengimbau agar importir merealisasikan [impor] sesuai dengan PI [persetujuan impor] yang disetujui agar dapat mengendalikan harga gula," ujar Arief dalam pembukaan National Sugar Summit 2023 secara virtual, Rabu (13/12/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, harga gula yang tinggi saat ini juga tidak lepas dari faktor kenaikan harga produksi di hulu dan hilir.

Restriksi ekspor oleh negara penghasil gula terbesar dan penurunan produksi akibat El-Nino juga memperparah lonjakan harga gula dunia. Di sisi lain, Indonesia pun hingga kini masih menggantungkan kebutuhan gulanya dari pasokan luar negeri.

Arief menyebut, Indonesia mengimpor sekitar 2,2 juta ton gula per tahun dari jumlah kebutuhan sekitar 3,2 juta ton. "Sekitar 30 persen kebutuhan gula di Indonesia masih bergantung pada impor. Ini [faktor global] berdampak pada naiknya harga gula nasional," ujar dia.

Lebih lanjut, Arief menegaskan pihaknya dengan melibatkan berbagai stakeholder dari hulu dan hilir telah menyusun acuan harga gula yang wajar di tingkat produsen dan konsumen.

Teranyar, Bapanas pada awal November 2023 telah melakukan penyesuaian harga acuan tertinggi (HET) gula pasir di ritel modern menjadi sekitar Rp16.000 - Rp17.000 per kilogram tergantung wilayah. "Penyesuaian [harga] gula di tingkat konsumen untuk melindungi petani tebu dan mengendalikan laju inflasi," katanya.

BACA JUGA: Bulog Disarankan Dapat Kuota Impor Gula untuk Menekan Harga

Sebelumnya, kalangan pengusaha ritel modern mengeluhkan harga gula yang terlampau tinggi telah menimbulkan kerugian bagi usaha mereka.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey membeberkan sejumlah ritel telah membeli gula dari distributor dengan harga di atas Rp16.000 per kilogram.

Padahal baru pekan lalu, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan penyesuaian harga acuan penjualan (HAP) di ritel modern dari Rp14.500-Rp15.500 per kilogram menjadi Rp16.000-Rp17.000 per kilogram. "Sekarang kami sudah beli [gula] sama dengan Rp16.000, bahkan beberapa ritel di daerah belinya sudah Rp16.050-Rp16.100 [per kilogram], jual rugi ya nombok," ujar Roy, Rabu (15/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement