Advertisement

Jelang Lebaran Kunjungan ke Mal Diperkirakan Naik hingga 30 Persen

Anisatul Umah
Jum'at, 15 Maret 2024 - 20:27 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Lebaran Kunjungan ke Mal Diperkirakan Naik hingga 30 Persen Ilustrasi-Suasana Malioboro Mall yang berada di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (13/9/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY, Surya Ananta mengatakan kunjungan ke mal bisa meningkat di kisaran 20-30% menjelang lebaran 2024. Peningkatannya cukup signifikan karena DIY menjadi salah satu kota tujuan mudik sekaligus wisata.

Kondisi ini didukung juga dengan mulai beroperasinya tol sehingga memudahkan akses untuk ke DIY. Pengunjung akan banyak didominasi oleh masyarakat dari luar kota DIY.

Advertisement

"Bisa 20-30% [peningkatan] tergantung situasi dan kondisi. Tapi tajam [peningkatannya] karena Jogja secara nasional kota mudik yang besar. Juga punya keunggulan pariwisata jadi selai orang pulang, juga mumpung libur panjang mainnya kek Jogja," paparnya, Jumat (15/03/2024).

Dia memperkirakan peningkatan kunjungan ke mal di momen lebaran tahun ini kurang lebih sama dengan tahun lalu atau bisa lebih baik. Lebaran tahun ini berbarengan dengan momen pemilihan umum (Pemilu), namun karena berjalan baik dan tidak ada pemungutan suara lagi, saat ini tinggal penataan ekonomi.

"Ibaratnya satu putaran, bulan depan tinggal penataan ekonomi, pergerakan peningkatan kegiatan masyarakat, spending berjalan ritel akan naik lagi jadi menurut saya mestinya akan jadi lebih baik," jelasnya.

BACA JUGA: Warteg Gratis Alfamart Kembali Hadir, Bagikan 35.000 Paket Buka Puasa Untuk Duafa

Pada awal-awal ramadan menurutnya kunjungan masih landai sama seperti hari-hari biasa sampai pertengahan puasa. Bedanya ada pergeseran jam kunjungan, dari yang mulanya ramai merata dari pagi sampai malam, kini ramainya sore menjelang magrib.

"Tingkat kunjungan di awal sampai pertengahan itu kurang lebih normal dalam artian masih standar seperti kondisi sebelum ramadan atau kondisi bulan biasa," lanjutnya.

Peningkatan kunjungan ke mal meningkat saat masyarakat sudah mulai menerima tunjangan hari raya (THR). Kebutuhan masyarakat terkait dengan belanja barang jelang lebaran meningkat.

"Masyarakat menerima THR dan bertahap akan berikan bingkisan, parcel peningkatan minggu kedua sampai puncak." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement