Advertisement

PHRI DIY Sebut Peminat Buka Bersama di Hotel Menurun

Anisatul Umah
Senin, 18 Maret 2024 - 15:47 WIB
Sunartono
PHRI DIY Sebut Peminat Buka Bersama di Hotel Menurun Ramadan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut hingga sepekan puasa minat masyarakat untuk buka bersama (Bukber) di hotel masih cukup banyak. Namun demikian jika dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama cenderung turun.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo mengatakan tidak ada data pasti sebab setiap restoran berbeda-beda, namun capaian di kisaran 30%. Sementara di tahun lalu pada periode yang sama sekitar 40%.

"Jadi sampai saat ini ya peminatnya cukup banyak, cenderung turun dibandingkan tahun lalu periode hari ke-7 ini," ucapnya, Senin (18/03/2024).

BACA JUGA : Jadwal Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya Rabu 13 Maret 2024

Advertisement

Dia memperkirakan reservasi untuk Bukber di hotel akan meningkat pada pertengahan puasa sampai akhir puasa. Sebab sudah semakin banyak masyarakat yang datang ke Jogja.

Pada akhir-akhir puasa biasanya Bukber dalam bentuk reuni baik alumni teman-teman masa sekolah hingga kuliah. Deddy mengaku optimis di pertengahan sampai akhir akan meningkat. "Kami optimis nanti setelah pertengahan puasa akan meningkat," katanya.

Okupansi hotel saat puasa juga cenderung turun dan ini menurutnya biasa terjadi. Sehingga untuk menutup operasional dilakukan melalui paket-paket Bukber ini.

"MICE [Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions] itu sekarang kecenderungannya untuk Bukber," ungkapnya.

Sebelumnya, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY memprediksi kunjungan wisata akan turun sampai 70% saat Ramadan 2024.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan peningkatan wisata di DIY justru terjadi saat menjelang bulan puasa tepatnya ketika nyadran. "Menuju bulan puasa ada sedikit naik saat nyadran, tetapi masuk bulan puasa akan turun hingga 70%," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kenalkan Pariwisata Sleman Lewat Event Lomba Tari

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement