Advertisement

Ekonom Prediksi Perputaran Ekonomi dari Mudik Lebaran Tahun Ini Tembus Rp30 Triliun Lebih

Maria Elena
Minggu, 07 April 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ekonom Prediksi Perputaran Ekonomi dari Mudik Lebaran Tahun Ini Tembus Rp30 Triliun Lebih Ilustrasi mudik Lebaran enumpang berjalan di Stasiun Tugu Yogyakarta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bank Syariah Indonesia (BSI) Institute memperkirakan potensi perputaran ekonomi dari biaya perjalanan mudik mencapai Rp30,42 triliun menjelang Lebaran tahun ini.

Senior Quantitative Analyst BSI Institute, Fatiya Rumi Humaira menyampaikan bahwa berdasarkan hasil riset terkait dengan Ramadan dan Idulfitri, sebanyak 36,8% responden mengeluarkan uang untuk biaya perjalanan mudik.

Advertisement

Sementara itu, rata-rata biaya perjalanan mudik nasional adalah sebesar Rp591.150. “Berdasarkan perhitungan BSI Institute, total potensi perputaran ekonomi dari biaya perjalanan mudik tersebut secara nasional adalah sebesar Rp30,42 triliun,” katanya, Minggu (7/4/2024).

Dia menjelaskan, metode perjalanan mudik yang dipilih responden cukup bervariasi, di mana 47% mudik dengan mobil pribadi, 32% dengan motor pribadi, 25% dengan bis/travel, 19% dengan kendaraan sewa, 19% dengan kereta, 12% dengan pesawat, dan 6% dengan kapal.

Di sisi lain, Fatiya mengatakan bahwa konsumsi masyarakat selama Ramadan meningkat signifikan, tercermin dari proporsi masyarakat yang belanja mencapai 66,1%.

BACA JUGA: Menhub: Mudik Lebaran 2024 Menumbuhkan Perekonomian Daerah Triliunan Rupiah

Proporsi belanja terbanyak adalah di satu minggu sebelum hari raya Idulfitri, yaitu mencapai 58,9%. Selain itu, Fatiya mengatakan alokasi belanja masyarakat yang bersifat alturisme juga cukup tinggi.

BSI memperkirakan potensi perputaran ekonomi dari pemberian hamper dan gift menjelang Lebaran secara nasional adalah sebesar Rp10,73 triliun.

Fatiya mengatakan sebanyak 21% masyarakat memberi hamper dan gift kepada kerabat atau saudara selama periode Ramadan dan Idulfitri. Rata-rata biaya hampers/gift yang dikeluarkan adalah sebesar Rp365.350.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA dari Stasiun Tugu Jogja, Selasa 30 April 2024

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement