Advertisement

PT Indo Boga Sukses Siap Ekspansi ke FMCG

Media Digital
Jum'at, 21 Juni 2024 - 18:57 WIB
Maya Herawati
PT Indo Boga Sukses Siap Ekspansi ke FMCG Jajaran direksi dan pemegang saham PT Indo Boga Sukses (IBOS) berfoto bersama seusai mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2023 di Sofia Residence Hotel, Jumat (21/6/2024). Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—PT Indo Boga Sukses (IBOS) yang bergerak di berbagai lini bisnis menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2023. Sukses meraih sejumlah tren positif di 2023, IBOS merancang sejumlah pengembangan usaha di 2024.

Agenda RUPS merupakan bagian dari tanggung jawab direksi kepada publik maupun kepada pemegang saham. IBOS juga menyelenggarakan Public Expose Tahunan 2024 untuk memberikan paparan kepada publik khususnya rencana pengembangan usaha perseroan.

Advertisement

Direktur Utama PT Indo Boga Sukses, Edi Nugroho memaparkan sejumlah capaian keuangan yang ditorehkan IBOS selama 2023. Dari segi pendapatan, IBOS meraup pendapatan lebih dari Rp78 miliar di 2023. Meski masih tinggi, pendapatan ini menurun 0,58% atau Rp456 juta dibanding pendapatan di 2022. "Kondisi ini dipengaruhi oleh penurunan pendapatan makanan dan minuman, sedangkan perdagangan ikan masih meningkat," kata Edi di Sofia Residence Hotel, Jumat (21/6/2024).

Untuk laba bersih periode berjalan 2023, IBOS sukses meraih laba bersih Rp6,9 miliar. Torehan ini menurun 3,61% atau Rp259 juta dibanding laba 2022. "Kondisi ini dipengaruhi oleh penurunan laba sebelum pajak. Meski demikian, perseroan mampu mempertahankan kestabilan performa kinerja keuangannya," katanya.

Untuk total aset IBOS di 2023 menyentuh angka Rp375 miliar, meningkat 10,86% dibanding 2022. Peningkatan ini setara dengan Rp39 miliar. "Posisi ekuitas perseroan juga meningkat 2,35 persen menjadi Rp334 miliar dibandingkan tahun 2022," katanya.

Meski menunjukkan performa yang mentereng, sejumlah pengembangan terus dilakukan di 2024.  PT Sofia Berkah Abadi dan PT Kairos Sukses Indonesia yang berada di bawah IBOS terus mendapat suntikan pengembangan dari perusahaan.

BACA JUGA: Ini Daftar Negara Paling Sulit Keluarkan Visa Kunjungan Turis

IBOS kini mengembangkan Lounge and Bar di Sofia Residence Hotel. Estimasinya pada akhir Juni ini lini usaha baru tersebut mulai dioperasikan. "Kami harapkan lini ini mendukung revenue dari Sofia Residence Hotel," ujarnya

Di PT Kairos Sukses Indonesia, IBOS merelokasi usaha MR. Pawon dan Legal Resto dari Banyu Urip ke Hotel Nite n Day Surabaya. Relokasi tersebut dijadwalkan mulai beroperasi kembali pada awal Juli 2024.

Selain itu, upaya IBOS untuk mengakuisisi PT Javaindo Maju Sejahtera dan PT Rote Karaginan Nusantara juga terus berproses. PT Javaindo Maju Sejahtera merupakan usaha yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG), sedangkan PT Rote Karaginan Nusantara bergerak pada produksi rumput laut.

Secara umum, IBOS berhasil mempertahankan stabilitas kinerja dari perseroan. Edi optimis IBOS ke depannya akan lebih berkembang dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik saat ini. "Harapan kami [IBOS] akan selalu berkembang dan terus maju sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya. (***)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Peringati Hari Kopi Sedunia, Kopi Merapi dan Menoreh Khas DIY Akan Dibagikan di Malioboro

Jogja
| Sabtu, 28 September 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement