Advertisement

Bansos Dinilai Efektif Kendalikan Inflasi, Ini Kata Disperindag DIY

Anisatul Umah
Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:07 WIB
Sunartono
Bansos Dinilai Efektif Kendalikan Inflasi, Ini Kata Disperindag DIY Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY menyebut penyaluran bantuan sosial (Bansos) diwaktu yang tepat akan membantu masyarakat khususnya terkait dengan pemenuhan kebutuhan pangan. Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti menyebut belum ada kajian yang menyebut Bansos berdampak langsung menstabilkan inflasi.

Akan tetapi menurutnya Bansos bisa berdampak pengendalian harga. Syam menyebut di dalam perhitungan inflasi ada banyak indikator yang digunakan. "Belum ada kajian apakah berdampak dalam hal stabilisasi inflasi," ucapnya, Sabtu (22/6/2024).

BACA JUGA : Wacana Korban Judi Online Diberi Bansos, Begini Respons Jokowi

Advertisement

Ia menyebut saat ini harga-harga bahan pokok di DIY masih stabil. Namun untuk beras sudah mulai merangkak naik dampak dari kenaikan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras dan gabah. Di mana untuk beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) dijual dengan harga Rp12.500 per kg, dan HPP gabah naik dari Rp5.000 jadi Rp6.000 per kg.

Syam berharap agar tidak sampai berdampak pada inflasi di DIY. Saat ini menurutnya inflasi DIY sudah berada di bawah rata-rata nasional. Kenaikan ini juga dampak dari panen yang sudah mulai berkurang.

Lebih lanjut Syam mengatakan saat ini stok beras di DIY dalam kondisi aman. "Beberapa wilayah mulai ada kenaikan tapi belum signifikan," katanya.

Sebelumnya, Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menyembut berdasarkan catatan Ombudsman RI Bansos menjadi salah satu kunci sukses pengendalian inflasi. Bansos beras dinikmati sebanyak 22 juta orang dengan besaran 10 kg per orang, atau sekitar 220.000 ton beras disalurkan setiap bulan.

BACA JUGA : Tinjau Gudang Bulog, Ombudsman RI Rekomendasikan Bansos Tetap Dipertahankan

Oleh karena Ombudsman RI menyarankan kepada pemerintah untuk melanjutkan program Bansos ini. Sehingga inflasi bisa terjaga. "Kami segera akan memberikan masukan kepada pemerintah, khususnya Menteri Keuangan agar bantuan pangan ini sebaiknya tetap disalurkan setiap bulan," kata Yeka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jemparingan Jadi Potensi Wisata Kebudayaan di Gunungkidul

Gunungkidul
| Sabtu, 28 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement