Advertisement

Deflasi Terjadi di Jogja, Dampak Daya Beli Masyarakat Lesu

Anisatul Umah
Sabtu, 06 Juli 2024 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Deflasi Terjadi di Jogja, Dampak Daya Beli Masyarakat Lesu Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY menyebut deflasi di DIY yang sudah terjadi tiga kali tahun ini menandakan terjadinya kelesuan daya beli masyarakat.

Ketua Komtap Pembinaan dan Pengembangan Sekretariat Kadin DIY, Timotius Apriyanto mengatakan saat ini perekonomian global penuh ketidakpastian.

Advertisement

Ia menyebut ekonomi nasional juga sedang tidak baik-baik saja berdasarkan beberapa indikator makro. Menurutnya salah satu dampak langsung yang dirasakan industri adalah terkait dengan kepercayaan pasar. "Deflasi ini indikator kelesuan," ujarnya, Jumat (5/7/2024). 

BACA JUGA: Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Jogja, Pilih yang Rp20.000 atau Rp50.000

Timotius menggambarkan inflasi bulanan itu ibarat tensi darah tidak baik jika capaiannya terlalu tinggi dan terlalu rendah. Oleh karena itu perlu dijaga agar tetap stabil oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY.

Lebih lanjut dia mengatakan, penurunan daya beli masyarakat ini berdampak pada konsumsi, yang mana menjadi salah satu faktor perhitungan pertumbuhan ekonomi. Selain faktor belanja masyarakat, investasi, dan kinerja ekspor.

Menurutnya pertumbuhan ekonomi nasional banyak didukung oleh belanja pemerintah, baik untuk Pemilu dan program lainnya. Serta belanja pegawai di berbagai kesempatan.

"TPID DIY mestinya berperan, saya kira deflasiya perlu dilihat detailnya dulu," jelasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat sepanjang 2024 DIY sudah mengalami deflasi tiga kali. Pada Januari 2024 terjadi deflasi 0,02%, kemudian berturut-turut Mei dan Juni 2024 masing-masing 0,08% dan 0,25%.

BACA JUGA: Jadwal Kereta Bandara Jogja Hari Ini, Jangan Salah Pilih

Kaprodi S3 Ilmu Ekonomi FEB Universitas Gadjah Mada (UGM), Catur Sugiyanto mengatakan kemungkinan ada dua sebab dari deflasi ini. Berkaitan dengan kredit yang menurun dua bulan terakhir khususnya kredit non usaha dan pembelian dolar AS.

"Namun saya belum mencermati dengan teliti data-data ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Temukan Pelanggaran Kampanye Pilkada 2024

Bantul
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement