Advertisement

Kolaborasi Semakin Erat, Dulur City Tour Jogja Rayakan HUT ke-7

Media Digital
Selasa, 24 September 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Kolaborasi Semakin Erat, Dulur City Tour Jogja Rayakan HUT ke-7 Ketua DCT Jogja, Widiyanto Pitrang Sumbaga memotong tumpeng dalam Anniversary ke-7 di TOP Malioboro Hotel Yogyakarta, Selasa (24/9 - 2024). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

JOGJA—Dulur City Tour (DCT) Jogja merayakan Anniversary ke-7 bertajuk Tumbuh Bersama, Berkembang Bersama di TOP Malioboro Hotel Yogyakarta, Selasa (24/9/2024).

Ketua DCT Jogja, Widiyanto Pitrang Sumbaga mengatakan perayaan HUT ke-7 ini digelar dalam rangka meningkatkan kolaborasi antar anggota.

Advertisement

Menurutnya DCT Jogja juga berkolaborasi dengan asosiasi-asosiasi yang ada di Jogja baik yang bersifat formal dan informal.

Dia menjelaskan DCT Jogja adalah sebuah komunitas atau paguyuban yang menaungi berbagai biro seperti travel agent, driver yang sudah bersertifikat, tour guide, tour planner, dokumentasi dan lainnya.

"Kami membawahi atau mengayomi teman-teman pelaku wisata eksekutor di lapangan," ucapnya.

Laki-laki yang akrab disapa Aang ini mengatakan DCT Jogja punya 79 anggota. DCT DIY didirikan dalam rangka memberi dukungan kepada para vendor.

Selama tujuh tahun berdiri menurutnya ada beberapa tantangan yang dihadapi. Sebagai salah satu kota yang masuk 10 besar dalam industri pariwisata menurutnya perlu ada tambahan kuota solar. Kedua, di DIY juga terkenal dengan desa wisatanya dia berharap agar bisa ditingkatkan lagi.

BACA JUGA: PSIM Bawa 24 Pemain ke Pati, Optimistis Melanjutkan Tren Positif

"Saat ini sudah ada yang menaungi seperti GIPI, agar lebih baik dan bermanfaat untuk semua wisatawan," katanya.

Dewan Pengurus GIPI DIY Bidang Destinasi dan Objek Wisata, Sulistiono menyampaikan GIPI DIY mengucapkan selamat ulang tahun ke-7 kepada DCT Jogja.

Ia menyampaikan apresiasi karena telah menambah kemudahan akses-akses bagi wisatawan, sehingga bisa berkolaborasi langsung. 

Dia mengatakan DCT Jogja ini mengakomodir para pelaku pariwisata dan konsumen sehingga bisa berkolaborasi langsung. Di dalamnya ada driver, guide, tour leader dan lainnya. DCT ini mempermudah akses para pelaku wisata baik untuk lokal dan asing.

"Harapan kami ke depan lebih bisa terorganisasi dengan lembaga yang lain baik itu instansi pemerintah, swasta kemudian pelaku-pelaku wisata asing dan lokal," tuturnya.

Sulistiono mencontohkan misalnya DCT Jogja di dalamnya ada yang berperan untuk wisatawan asing dan lokal. Sehingga wisatawan akan lebih nyaman dan bisa menikmati objek-objek wisata di Jogja. Di HUT ke-7 ini GIPI DIY berharap agar DCT Jogja bisa lebih besar lagi dan saling bergandengan tangan dengan para pelaku wisata di Jogja.

“Enggak jalan sendiri-sendiri kesulitan kami kan masih ada sebagian yang individu masih berjalan sendiri-sendiri sehingga dibutuhkan semacam wadah," jelasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hari Pertama Kampanye, Ketiga Paslon Kota Jogja Belum Banyak Bergerak

Jogja
| Rabu, 25 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement