Saksikan Paparan Publik via Webinar

Saksikan Paparan Publik via WebinarKepala BEI DIY Irfan Noor Riza saat media gathering di Hotel Grand Zuri, Jogja, Sabtu (29/6)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
22 Agustus 2019 22:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perkembangan teknologi dan ekonomi digital memberikan potensi besar bagi kemajuan pasar modal Indonesia. Memanfaatkan perkembangan teknologi digital, tahun ini investor dapat menyaksikan paparan publik 42 perusahaan tercatat secara langsung melalui teknologi Webinar dalam acara Public Expose Live 2019, pada Senin (19/8)–Rabu (21/8) dan Senin (26/8)-Rabu (28/8). 

Paparan publik dari 42 perusahaan tercatat tersebut merupakan rangkaian dari acara Public Expose Live 2019 yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Public Expose Live 2019 diselenggarakan di Area Galeri BEI.

Webinar adalah salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talk show, diskusi dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara daring tanpa mengharuskan penggunanya untuk bertatap muka, menggunakan jaringan Internet melalui sebuah sistem berbasis web atau aplikasi Webinar yang disebut Zoom. Selama acara berlangsung akan dilaksanakan dua presentasi secara bersamaan yang dilakukan oleh Perusahaan Tercatat yang terbagi dalam empat sesi setiap harinya.

Kepala Kantor Perwakilan BEI DIY, Irfan Noor Riza mengatakan, dulu acara-acara seminar edukasi harus dilakukan dengan tatap muka. Saat ini, acara talk show, diskusi, ataupun seminar, bisa digelar tanpa harus bertatap muka. Acara seminarnya di Jakarta, di daerah dapat mengikutinya melalui teknologi digital ini. Perkembangan teknologi dan ekonomi digital ini memberikan potensi besar bagi kemajuan Pasar Modal Indonesia. “Teknologi Webinar ini mempermudah kami untuk pertemukan investor dengan Emiten [Perusahaan Tercatat],” kata Irfan, melalui siaran pers, Rabu (21/8).

Meskipun dapat disaksikan melalui Webinar, investor dan investor institusi turut diundang untuk menghadiri acara Public Expose Live 2019 dengan tatap muka secara langsung . “Kami ajak juga Investor institusi seperti perwakilan dari Analis Perusahaan Sekuritas dan Manajer Investasi di Jogja untuk nonton bareng Public Expose Live 2019 di kantor kami, ,“ katanya.

Dijadwalkan 42 Perusahaan Tercatat berpartisipasi dan melakukan paparan publik dalam acara Public Expose Live 2019. Kriteria perusahaan yang dipilih adalah berurutan berdasarkan Indeks Kompas100 dan LQ45 yang belum melakukan paparan publik, Perusahaan Tercatat dengan kapitalisasi pasar tinggi namun tidak masuk dalam indeks, dan kriteria terakhir adalah Perusahaan Tercatat yang baru mencatatkan saham perdananya di BEI.