Advertisement

LPS Bantah Ada 8 Bank Berpotensi Gagal

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 11 April 2020 - 07:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
LPS Bantah Ada 8 Bank Berpotensi Gagal Stiker Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tertempel di pintu salah satu bank di Jakarta. - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) membantah adanya delapan bank yang berpotensi gagal. LPS justru melihat kondisi perbankan saat ini masih bagus.

Sekretaris Lembaga Muhamad Yusron memperhatikan beberapa berita di media daring yang meliput Rapat Kerja Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan Komisi XI DPR RI pada Kamis (9/4) pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.45 WIB, terkait dengan pemberitaan adanya delapan bank yang berpotensi gagal.

Advertisement

Ia menjelaskan LPS secara berkala membuat skenario yang bertujuan menguji kecukupan dana LPS dalam melaksanakan fungsinya menjamin simpanan nasabah dan resolusi bank. Dalam situasi normal, skenario yang digunakan LPS adalah menangani satu bank kecil, satu bank menengah besar dan lima BPR.

Dalam hal pendanaan LPS tidak mencukupi, berdasarkan Pasal 20 ayat (1) huruf b jo. Pasal 24 ayat (1) Perpu Nomor 1 Tahun 2020, LPS dapat melakukan/menerima penjualan/repo SBN yang dimiliki LPS kepada Bank Indonesia; penerbitan surat utang; pinjaman kepada pihak lain; dan/atau pinjaman kepada pemerintah. Kebutuhan pendanaan LPS sebagaimana merupakan bagian tindakan antisipasi dan forward looking KSSK untuk mencegah pemburukan perekonomian nasional dan/atau menjaga stabilitas sistem keuangan.

"Sehubungan dengan munculnya berita-berita terdapat delapan bank yang berpotensi gagal, kami ingin menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar,"kata dia, Jumat (10/4).

Ia menjelaskan secara umum kondisi perbankan masih stabil yang ditunjukan dari beberapa indikator per Februari 2020. Indikator itu antara lain tingkat permodalan mencapai 22,27%, kondisi likuiditas yang relatif cukup dengan LDR mencapai 91,76%. Beberapa bank bahkan memiliki LDR lebih rendah terutama BUKU 1 dan 2 yang berada di level 88-89%.

Sementara risiko kredit (NPL gross) terpantau stabil di level 2,79% dengan return on assets (ROA) 2,46%. Selain itu, simpanan juga masih menunjukkan pertumbuhan year on yearpositif yakni sebesar 7,77%, bahkan data harian di akhir Maret 2020 memperlihatkan peningkatan pertumbuhan menjadi 9,79% secara year on year.

Demikian pula untuk tren rata-rata suku bunga simpanan industri perbankan yang masih mencatat tren penurunan sebesar 28 bps sepanjang kuartal I tahun 2020 menjadi 5,50%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement