Advertisement

29 Perusahaan Antre IPO, Mayoritas Perusahaan dengan Aset Skala Menengah

Anisatul Umah
Senin, 06 November 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
29 Perusahaan Antre IPO, Mayoritas Perusahaan dengan Aset Skala Menengah Ilustrasi pasar modal. - Bisnis Indonesia/Dedi Gunawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sampai 3 November 2023 sudah ada 74 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI, dengan total dana yang dihimpun mencapai Rp53,11 triliun.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyampaikan hingga saat ini ada 29 perusahan yang masuk dalam daftar antrian penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) BEI.

Advertisement

"Hingga saat ini, terdapat 29 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI," kata Nyoman, Sabtu (4/11/2023).

BACA JUGA : BEI DIY Sebut Baru Satu UMKM Melantai di Bursa Saham

Dia menjelaskan klasifikasi aset perusahaan yang saat ini berada dalam pipeline merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017, terdiri dari 17 perusahaan aset skala menengah (antara Rp50 miliar-Rp250 miliar) dan 12 perusahaan aset skala besar (diatas Rp250 miliar). Sementara perusahaan dengan aset kecil (di bawah Rp50 miliar) kosong.

Rrincian berdasarkan sektornya yakni empat perusahaan dari sektor basic materials, 5 perusahaan dari sektor consumer cyclicals, 5 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals, 3 perusahaan dari sektor energy, 1 perusahaan dari sektor healthcare.

"Kemudian 3 perusahaan dari sektor industrial, 4 perusahaan dari sektor infrastruktur, dan 4 perusahaan dari sektor teknologi," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, Irfan Noor Riza menyebut ada tiga aspek penting dalam mengembangkan pasar modal. Di antaranya kemudahan bagi investor, kemudahan bagi emiten, dan pendanaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Ada tiga aspek penting dalam mengembangkan pasar modal, yaitu kemudahan bagi investor, kemudahan bagi emiten, dan pendanaan UMkM. CMSE 2023 diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Gelar Workshop, ANPS Bahas Pentingnya AI Dalam Dunia Pendidikan

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement