Advertisement

Komitmen PAFI Kota Madiun dalam Membantu Meningkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Media Digital
Senin, 21 Oktober 2024 - 14:12 WIB
Sunartono
Komitmen PAFI Kota Madiun dalam Membantu Meningkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat Ilustrasi kesehatan. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan wadah yang menghimpun tenaga ahli di bidang farmasi di Indonesia yang idirikan pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Sebagian besar pengurus PAFI di daerah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan khususnya di bidang farmasi.

Salah satunya dilakukan oleh PAFI Kota Madiun. Dilansir dari pafikotamadiun.org, PAFI memiliki pengurus pusat yang berkedudukan di seluruh wilayah Indonesia, dan berazaskan Pancasila. Organisasi ini bersifat kekaryaan dan pengabdian, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan.

Advertisement

Kota Madiun merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Madiun terletak sekitar 150 km sebelah barat Surabaya dan 90 km sebelah timur Surakarta.

PAFI Kota Madiun memiliki komitmen dalam mendukung peningkatan layanan kesehatan. Sejumlah program pun digelar, di antaranya memberikan dukungan kepada apoteker dalam hal edukasi dan pelatihan, serta advokasi kebijakan terkait praktik farmasi.

Selain itu membantu tenaga farmasi dengan menyediakan program pelatihan atau training yang fokus pada peningkatan keterampilan teknis dan soft skills. Ini termasuk manajemen farmasi dan pelayanan pelanggan.

Di sisi lain, penelitian di bidang farmasi melalui kolaborasi dengan institusi pendidikan dan penyelenggaraan kegiatan ilmiah. Hal ini membantu peneliti untuk berbagi temuan dan inovasi terbaru dalam pengembangan obat.

PAFI Kota Madiun mendukung konsultan farmasi dalam memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat mengenai penggunaan obat yang aman dan efektif, serta membantu mereka dalam mengadvokasi kebijakan kesehatan. Kemudian bekerja sama dengan institusi pendidikan untuk meningkatkan kurikulum pendidikan farmasi, sehingga lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Dukung Pemerintah

Organisasi PAFI Kota Madiun aktif memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait kebijakan yang berhubungan dengan praktik farmasi. Mereka berperan dalam menciptakan regulasi yang mendukung pelayanan farmasi yang berkualitas dan berintegritas, serta memastikan bahwa suara tenaga ahli farmasi didengar dalam pengambilan keputusan.

Kolaborasi antara organisasi PAFI dan pemerintah daerah sering kali melibatkan penyelenggaraan kegiatan kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan kampanye vaksinasi. Ini membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Organisasi PAFI bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan seminar dan workshop yang ditujukan bagi tenaga farmasi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota PAFI, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi distribusi obat dan manajemen layanan kesehatan, PAFI Kota Madiun berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mengadopsi teknologi terbaru dalam sistem informasi farmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Memasuki Musim Penghujan, Lahan Sawah Tadah Hujan di Imogiri Bantul Belum Tanam Padi

Bantul
| Senin, 21 Oktober 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement