Advertisement

Kenaikan MICE Pacu Okupansi Hotel

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 05 Juli 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kenaikan MICE Pacu Okupansi Hotel Ilustrasi hotel - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tingkat hunian hotel pasca-Lebaran sempat menurun. Namun, memasuki musim meeting, incentives, conference and exhibition atau MICE, okupansi perhotelan di Jogja bulan ini mulai terdongkrak naik. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab M. Danunagoro mengungkapkan setelah libur panjang Lebaran dan anak sekolah, perlahan okupansi mulai merangkak naik. "Karena Juli ini sudah mulai masuk ke MICE season. Nanti pada pekan ketiga akan tampak peningkatan okupansinya," ujar Istidjab kepada Harian Jogja, Rabu (4/7).

Advertisement

Daya tarik Jogja sebagai kota MICE masih sangat tinggi. Diperkirakan musim MICE ini akan mendongkrak okupansi hotel 45% hingga 70%. Istidjab memaparkan sebagian besar MICE masih akan didominasi pertemuan dari korporasi. 

"Pemerintahan ada, tetapi biasanya tidak terlalu banyak, karena adanya pembatasan anggaran mengadakan pertemuan di hotel. Biasanya lama tinggal para penyelenggara pertemuan rerata empat hari tiga malam," ujar Istidjab. 

Marketing and Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel Khairul Anwar memaparkan tren Juli hingga Desember, MICE akan mulai masuk. Pada periode ini permintaan untuk pertemuan dan penyelenggaraan kegiatan di hotel ini akan meningkat. Terlebih, hotel ini merupakan hotel yang membidik segmen business and convention hotel. 

"Pertemuan pemerintahan, korporasi swasta, konferensi internasional, pameran hingga pertemuan bertaraf internasional mulai memenuhi okupansi kamar dan ruang pertemuan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hote," ujar Awang. 

Awang menambahkan masa tinggal tamu yang mengikuti kegiatan ini rata-rata tiga hari sampai empat hari untuk acara skala besar. Sedangkan untuk kegiatan skala kecil dan menengah, lama tingga peserta rata-rata hanya dua sampai tiga hari. 

Lebih lanjut Awang memaparkan okupansi mulai menunjukkan kenaikan pada akhir Juni dan awal Juli. Rerata okupansi hotel bintang lima ini sudah mencapai 85% dari 247 kamar yang tersedia. 

"Kota Jogja ini semakin dilirik sebagai destinasi MICE, terutama untuk konferensi internasional. Selain fasilitas dan harga yang bersaing, destinasi wisata yang menawarkan budaya juga tak kalah dengan Bali. Kami berharap adanya bandara baru yang berkapasitas besar, dapat semakin menggemakan Jogja sebagai destinasi kelas internasional," jelas Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement