Advertisement

Erick Thohir optimistis Laba BUMN 2023 Capai Rp250 Triliun, Ini Dasarnya

Newswire
Selasa, 19 Desember 2023 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Erick Thohir optimistis Laba BUMN 2023 Capai Rp250 Triliun, Ini Dasarnya Erick Thohir / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis laba BUMN bisa mencapai Rp250 triliun hingga akhir 2023. Sumber laba dari efisiensi belanja modal dan biaya operasional.

Erick menjelaskan laba BUMN tidak bisa dibandingkan secara proporsional dengan tahun sebelumnya sebab, terdapat laba yang berasal dari restrukturisasi PT Garuda Indonesia.

Advertisement

"Terlepas dari tekanan harga komoditas terus menurun, mungkin total profit itu saya rasa tidak bisa dibandingkan secara apple to apple (dengan 2022), Rp303 triliun di tahun lalu, kan Rp50 triliunnya (laba dari) restrukturisasi Garuda. Jadi di tahun ini, Rp250 triliun mestinya dapat," ujar Erick dalam temu media di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Erick mengatakan sumber laba BUMN berasal dari efisiensi belanja modal dan biaya operasional, termasuk semua BUMN yang ada di dalam holding seperti PT Perkebunan Nusantara III atau PTPN.

Dari 13 perusahaan dalam Holding Perkebunan, diperkecil menjadi empat perusahaan. Hal tersebut juga terjadi pada PT Angkasa Pura yang sedang dalam proses merger.

"Alangkah indahnya kalau kayak Angkasa Pura, sekarang negosiasi sudah half done, mungkin Februari-Maret (2024) jadi satu," kata Erick.

Baca Juga:

Lampaui Tahun Lalu, Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun

Laba BUMN Rp126 Triliun pada 2021, BRI Penyumbang Terbesar

Laba BUMN Diprediksi Tembus Rp200 Triliun

Dengan perolehan laba tersebut, Erick mengatakan kontribusi BUMN kepada negara dalam bentuk dividen dipastikan tetap optimal.

Namun demikian, Erick belum bisa memberikan detail BUMN yang memberikan kontribusi dividen, karena angka akhirnya masih menunggu hasil audit.

"Kalau kemarin Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), terima kasih, buat statement Rp81,1 triliun, padahal waktu itu mestinya enggak sampai segitu. Tahun depan kita coba di Rp84,5 triliun," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus DAMRI ke Bandara YIA Kulonprogo, Cek di Sini

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement