Advertisement

Anak Muda Dibutuhkan untuk Kembangkan UMKM

Galih Eko Kurniawan
Senin, 29 April 2024 - 20:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Anak Muda Dibutuhkan untuk Kembangkan UMKM Chest Nut

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Keterlibatan anak muda dibutuhkan usaha-usaha mikro kecil menengah, terutama yang sudah berjalan puluhan tahun, agar pola pemasarannya bisa mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi.

Pemilik Chest Nut, produsen keripik gayam di Bantul, Sya’amzuri Hidayat, menuturkan ketiadaan anak muda mempersulit langkah pemilik UMKM yang sudah berjalan puluhan tahun untuk setidaknya memasarkan produk via Internet.

Advertisement

“Misalnya ketika ada pelatihan, memakai telepon selular saja terkadang kesulitan padahal minimal lewat ponsel, UMKM bisa memasarkan produk lebih luas lagi. Di sinilah butuh peran anak muda yang lebih melek teknologi,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (29/4/2024).

Sya’mzuri beruntung bisa memanfaatkan perkembangan digital sejak mendirikan jenama Chest Nut pada 2018. Menggunakan lokapasar, media sosial maupun web membantu produk keripik gayam itu beredar lebih luas.

Pada 2022, Chest Nut ikut tampil di ajang Brilianpreneur bersama ratusan pelaku UMKM dari seluruh Indonesia. Target terdekat, keripik gayam Chest Nut bisa mejeng di ruang pamer UMKM di Yogyakarta International Airport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Jumat 17 Mei 2024, Update Tol Jogja Solo, Dampak Pelarangan Study Tour ke Jogja hingga Koruptor Ditangkap

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement