Advertisement

Dinkop UKM DIY Ajak Pelaku UMKM Ikuti Lokakarya Kelas Master

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 15 Oktober 2024 - 11:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Dinkop UKM DIY Ajak Pelaku UMKM Ikuti Lokakarya Kelas Master Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY menggelar Workshop Master Class dari Selasa (15/10/2024) sampai Jumat (18/10/2024). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah untuk mengikuti Workshop Master Class dari Selasa (15/10/2024) sampai Jumat (18/10/2024).

Agenda yang digelar di Hotel Grand Keisha ini mengangkat tema Empowering Growth To The Next Level.

Advertisement

Pelaksana Harian Kepala Dinas Koperasi dan UKM Wisnu Hermawan mengatakan Workshop Master Class merupakan lokakarya lanjutan yang digelar instansinya kepada para mitra SiBakul yang dulu sudah pernah mengikuti pelatihan atau program inkubasi.

Workshop Master Class untuk mengingatkan ulang tentang bisnis yang tidak bisa dilakukan setengah hati. “Jadi apa-apa yang kemarin belum kuat seperti pemasaran atau digitalisasi yang belum mendukung, dilatih lagi selama empat hari,” ujarnya, Selasa.

Dia berharap setelah mengikuti lokakarya, pelaku UMKM memiliki keterampilan dan pengetahuan di dunia bisnis yang semakin matang. Perbedaan Workshop Master Class dengan lokakarya lainnya adalah peserta yang mengikuti Master Class kali ini adalah peserta SIBakul yang sudah tahap lanjut.

Menurut dia anggota SiBakul saat ini sudah berkembang dengan pesat. Ada yang baru bergabung selama setahun tetapi ada juga yang sudah bergabung sejak empat tahun yang lalu. Peserta lokakarya kelas master anggota SIBakul yang sudah bergabung dari empat tahun yang lalu.

UMKM tidak serta merta bisa mengikuti Workshop Master Class tetapi harus mengikuti seminar-seminar yang dilakukan Dinkop UKM sebelumnya. Dari 100 yang lolos, sekitar 50 ikut seminar lalu dikurasi lagi jadi 25 peserta.

Pengembang Kewirausahaan Muda Dinkop UKM DIY Hana Fais Prabowo menambahkan peserta Workshop Master Class tidak diperkenankan pulang dan berkomunikasi selama gelaran lokakarya.

Workshop Master Class akan lebih keras jika dibanding dengan lokakarya yang digelar sebelumnya karena ada satu sesi peserta dilepas keluar tanpa dibekali uang tapi mesti bisa kembali ke lokasi penginapan.

Peserta terdiri dari UKM bidang kuliner, bidang kerajinan serta bidang fesyen dengan ketentuan omzet rata-rata per-bulan minimal Rp10 sampai Rp20 juta.

Mentor dari Ultima Febrian Mujahid Panatagama menyampaikan Master Class UMKM jadi wadah mengumpulkan kembali alumni-alumni kelas inkubasi yang digelar Dinkop UKM DIY yang digelar sejak 2016. Peserta diberikan pengembangan personal, motivasi bisnis, digital marketing dan manajemen SDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Malam Ini Pagar Proyek Tol Joglo-YIA Dipasang di Tengah Ring Road, Simak Jalur Alternatifnya

Sleman
| Selasa, 15 Oktober 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement