60 Penerima Manfaat PKH Terima Bimtek dari Kemenperin

60 Penerima Manfaat PKH Terima Bimtek dari KemenperinDirektur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih - JIBI
12 Juli 2019 02:37 WIB Andi M. Arief Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sebanyak 60 penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Magelang mendapat bimbingan teknis dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan 30 peserta menerima bimbingan cara mengolah pangan. Adapun, peserta lain menerima pelatihan produksi kerajinan bambu.

“Jadi, mereka lulus dari program PKH tersebut dan bisa menjadi produktif,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2019).

Gati menambahkan pelaksanaan bimbingan tersebut sebagai wujud nota kesepahaman antara pihaknya dengan Kementerian Sosial. Gati berharap para peserta pelatihan menjadi wirausaha baru yang sukses dengan menerapkan nilai-nilai kemandirian, memiliki etos kerja tinggi, serta kreatif dan inovatif.

Menurutnya, Magelang memiliki potensi pada produk makanan ringan. Namun, lanjutnya, pengemasannya perlu ditingkatkan untuk meningkatkan harga jual dan akses pemasaran.

Di samping itu, Gati berujar potensi kerajinan bambu di Kota Getuk tersebut perlu dimaksimalkan.

Selain pelatihan, pihaknya juga memberikan mesin dan peralatan penunjang seperti perekat kemasan dan pengiris minyak bagi pelatihan pengolahan pangan, dan mesin dan peralatan penunjang bagi pelatihan produksi kerajinan bambu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, Endot Sudiyanto berharap lulusan pelatihan tersebut dapat menjadi pemain baru dalam bisnis lokal maupun global.

Berdasarkan catatan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos (PPKB PPPA) Magelang , terdapat 54.288 keluarga penerima manfaat PKH. Dinsos PPKB PPPA Magelang menilai program PKH rata-rata bisa mengentaskan 10 sampai 20 keluarga dari kemiskinan setiap bulannya.

Sumber : bisnis.com