Advertisement

Kini Ada Charging Station di Plaza Ambarrukmo, Ada Promo Free Trial 2 Bulan

Anisatul Umah
Selasa, 19 Desember 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Kini Ada Charging Station di Plaza Ambarrukmo, Ada Promo Free Trial 2 Bulan Fasilitas charging station di Ground Floor Plaza Ambarrukmo, Selasa (19/12/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Plaza Ambarrukmo menjadi mal pertama di DIY yang memiliki fasilitas charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Berlokasi di Ground Floor, SPKLU ini telah diluncurkan sejak akhir November 2023 lalu.

General Manager Plaza Ambarrukmo, Surya Ananta mengatakan ada promo spesial free trial selama dua bulan. Dia menjelaskan saat ini pemerintah tengah fokus mendorong transisi kendaraan dari berbasis bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik. Untuk bertransisi ke kendaraan listrik diperlukan infrastruktur pendukung salah satunya charging station.

Advertisement

"Kami berinisiatif dan memang secara asosiasi ini juga menjadi bahasan kami. Sehingga masyarakat bisa belanja, makan, dan beraktivitas di dalam mal sembari mengisi listrik," ucapnya, beberapa waktu lalu.

Saat ini baru tersedia dua charging dengan kategori fast charging. Untuk mengecas sampai penuh diperlukan waktu sekitar satu sampai dua jam. "Dalam pengadaanya kami bekerja sama dengan satu perusahan, Buzz, mereka yang profesional ahli di dalam pengadaan. Pengisian itu dilakukan melalui aplikasi jadi harus mengunduh aplikasi," ujar dia.  

Charging yang tersedia saat ini masih khusus untuk mobil saja. Sebab untuk motor standarisasi baterainya berbeda-beda. Ada sistem swap baterai dan ada juga yang mengecas sendiri. Ke depan direncakaan juga akan disediakan untuk sepeda motor. Saat ini masih penajajakan. "Kalau mobil kan jelas, baterainya enggak bisa dicopot, ngecas ya ngecas. Sementara motor kan variatif. Kami masih pelajari motor akan diterapkan juga di sini," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kebanyakan kendaraan yang memanfaatkan fasilitas ini berasal dari dalam kota. Berbeda dengan hotel yang juga banyak dimanfaatkan kendaraan luar daerah yang kebetulan menginap di hotel tersebut. "Beda lokasi beda karakteristik, mal banyak pelat AB, kalau hotel banyak pelat luar kota. Ke depan hotel akan dilengkapi station sendiri, kami dukung betul."

Keberadaan SPKLU ini dalam mendukung kesiapan infrastruktur kendaraan listrik. Dia optimis ke depan potensi kendaraan listrik akan terus berkembang. Terlihat dari berbagai pameran mobil yang selalu menghadirkan kendaraan listrik dengan harga yang semakin masuk akal. "Bentuknya juga variatif dan beberapa pabrik dibangun di sini. Kami optimis ke depan akan semakin berkembang," jelasnya.

BACA JUGA: Mobil Listrik Subsidi Mulai Populer, PLN Catat Ada Sekitar 7 SPKLU di DIY

Sebelumnya, PT Hyundai Motors Indonesia bekerja sama dengan PT Lippo Malls Indonesia (LMI) akan membangun charging station di 52 pusat perbelanjaan di bawah naungan LMI di berbagai kota di Indonesia.

Chief Executive Officer PT Lippo Malls Indonesia, Henry Riady mengatakan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik, LMI senang bisa menawarkan pengalaman gaya hidup ramah lingkungan yang lebih banyak kepada pelanggan. "Berkat ketersediaan Hyundai EV charging station di lebih banyak mal yang kami kelola. Inisiatif ini mencerminkan peran kami dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau," katanya.

Melalui kemitraan ini Hyundai dan Lippo Malls Indonesia akan memperluas perluasan charging station di jaringan pusat perbelanjaan LMI di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya meliputi Aceh, Medan, Palembang, Jambi, Jogja, Pekalongan, Kudus, Kediri, Sidoarjo, Jember, Madiun, Palangkaraya, Kendari, Kupang, Manado, Makassar, dan Bali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah Jogja Hari Ini, Senin 29 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement